Sabtu, 12 Mei 2012

Telur

Telur mengandung berbagai nutrisi penting; protein, vitamin A, D, E, dan B, fosfor dan zinc. Berkadar lemak dan kalori rendah. Satu butir telur hanya mengandung 71 cal. Inilah yang membuat telur sangat disarankan saat seseorang menjalani diet!
1. Mencegah penyebaran Food-Borne Pathogen , E Coli.
Putih telur memiliki peran yang sangat penting mencegah penyebaran bakteri. Menurut penelitian oleh peneliti di Jepang, adalah zat peptide (yang ada ditelur) yang mengikat bakteri E Coli dan mencegah untuk bisa menyebar.

2. Mencegah Kadar Cholesterol dalam Darah.
Tidaklah benar jika ada yang berpendapat bahwa telur meningkatkan kadar kolesterol darah. Tetapi sebaliknya menurut penelitian di universitas Harvard, tidak ada hubungan antara penyakit kardiovaskular dan makan telur. Telur hanya mengandung 5 gram lemak dan hanya terdiri dari lemak jenuh. Tanpa mengandung lemak tak jenuh, yang memicu kenaikan kolesterol.

3. Baik bagi mata
Pada telur terdapat Lutein dan Zeaxanthin. Dua zat ini membantu menjaga kesehatan mata dan melindungi mata dari efek ultraviolet sinar matahari. Selain itu juga 2 zat ini mengurangi resiko kena penyakit Age-related Macular Degeneration, salah satu penyebab kebutaan bagi orang yang berusia diatas 65 tahun. Juga sudah dibuktikan bahwa dengan memakan telur, anda mengurangi risiko katarak.

4. Telur Sumber Protein Tinggi
Telur digunakan sebagai standarisasi dari sumber protein yang lain. Protein berfungsi untuk memperbaiki organ tubuh. Otot, kulit, dan organ-organ tubuh semua tersusun dari protein. Protein sendiri terdiri dari 20 zat asam amino yang berbeda-beda, dan 9 di antaranya tidak diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Telur mengandung 9 zat penting dan asam amino, yang berfungsi meningkatkan kadar protein dalam tubuh.

Kuning telur merupakan salah satu sumber kolesterol, tapi hanya lemak jenuh dari produk susu, daging dan kue-kue kering yang berdampak besar terhadap meningkatnya kadar kolesterol. Sebutir telur mengandung kurang dari 5 gr lemak serta senyawa lutein yang melindungi fungsi mata. Sementara putih telur mengandung sulfur yang bermanfaat sebagai antioksidan dan magnesium untuk fungsi otot dan saraf.

Beberapa jenis telur bahkan diperkaya oleh asam lemak omega 3 yang penting untuk jantung. Penelitian menunjukkan bahwa sebutir telur sehari merupakan diet yang sehat. Tapi jika Anda merokok, memiliki gangguan jantung, banyak mengonsumsi lemak dan memiliki pola hidup yang tidak tetap, batasi konsumsi telur sebanyak 3 butir per minggu.

Tip: Anda dapat menikmati sebutir telur setiap hari, namun perhatikan cara mengolahnya. Telur rebus dan kukus memiliki kalori yang lebih rendah. Atau jika membuat telur dadar, hindari bagian kuningnya yang menyimpan banyak lemak.

Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar