Sabtu, 12 Mei 2012

Tau gak?

sebenarnya saat kita memutuskan akan melihat ke mata lawan bicara atau menoleh ke arah lain, ada area dalam otak yang ikut membantu. menurut ilmuwan di Imperial College London, frontal cortex otak yang bekerja saat memutuskan tindakan ini. bagian frontal otak menjadi pusat penentu ketika harus memilih antara dua gerakan yang harus dilakukan. Profesor Chris Frith, dari Institute of Nerology di University College London, “Pasien yang mengalami kerusakan otak tidak lagi berperilaku seperti manusia bebas. mereka gak bisa memutuskan atau mengubah gerakan di saat terakhir.”

Mereka yang susah duduk berjam-jam dan selalu pengen mondar-mandir, cenderung bertubuh langsing meski suka makan rada banyak, uncap sekelompok ilmuwan dari Amrik. Mereka yang gemuk rata-rata menghabiskan waktu dua jam lebih banyak untuk duduk dibandingkan dengan mereka yang langsing. Perbedaan aktivitas ini menghasilkan tambahan 350 kalori perhari, atau pertambahan berat badan 5 kilogram setahun.

Sekelompok peneliti dari Arizona State University menemukan sebuah gen yang membuat orang mampu melihat variasi warna merah. gen ini terdapat dalam kromosom X. berhubung kromosom cowok itu XY sedangkan cewek adalah XX, artinya mata cewek lebih awas dalam mengenali warna merah. Kadang Gen warna merah ini tertukar dengan gen yang mengatur warna hijau dan serupa dengan kromosom X. Akibatnya seseorang jadi buta warna. Sangat sedikit cewek yang buta warna. Sebab cewek masih punya satu copy gen warna merah danhijau unutk penglihatannya. Penglihatan cewek lebih tajam daripada cowok.

Dari hasil penelitian ditemukan luka yang diolesi getah pisang, lidah buaya, atau lendir bekicot dapat menutup dua kali lebih cepat daripada tidak diobati. Luka yang dioleskan getah batang pisang tidak meninggalkan parut. Hal ini diduga karena kandungan saponin, antrakuinon, dan kuinon pada batang pisang yang berfungsi sebagai antibiotic dan penghilang rasa sakit. Sementara kandungan lektin berfungsi sebagai penstimulais partumbuhan sel. Lidah buaya mengandung lupeol, asam lisilat, nitrogen urea, asam sinamat, fenol, dan sulfur. Bekicot, lender yang diproduksi kelenjar di dinding tubuh maupun zat getah bening yang mengalir dalam tubuhnya mempunyai aktivitas penggumpalan serta pembasmi bakteri dan benda asing. Kemungkinan komponen itu juga berfungsi dalam menutup luka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar