Sabtu, 12 Mei 2012

MA'AF, TAPI AKU HANYA INGIN KAMU TAU

Sebel... Sebel… Sebel…. Nyebelin banget sich tuch orang! Pacaran doang pake dipamerin segala. Kenapa sich? ndeso banget! Dasar katro! Emang gue belum tau apa, Kalo dia udah pacaran? Gue udah tau kalie… malah udah sejak awal mereka jadian.

Iiih… nyebelin! Emang harus ya, mesra-mesraan di depan gue!? Pake sambil ngelirik gue lagi. Pamer banget. Kenapa sich mesti pamer di depan gue?! Apa karena sampe sekarang gue belum juga punya pacar? Emangnya kenapa kalo gue belum punya pacar? Apa urusan dia? Pacaran? Gak penting banget! Biar jomlo, tapi gue kan tetep eksis. High quality jomblo gitu lho.

Oi, cowok paling nyebelin sedunia, camkan, gue jomlo bukan karena masih mikirin loe apalagi sampe ngarepin loe lagi. Karena gue belum mau pacaran aja. Gue pengen bebas. Dasar cowok nyebelin!

Gue heran, koq sekarang dia selalu ada di manapun gue berada (di sekolah). Bayangin aja, masa’ tuch cowok curhat tentang pacarnya sama temen sebangku gue, waktu gue ada lagi, plus pake suara yang nyaring. Apa maksudnya, kalo bukan mau pamer sama gue.

Sekarang gue mesti mikir nich, gimana caranya ngasih pelajaran sama tuch cowok, biar dia kapok.biar dia tau dan nyadar, kalo gue bukan cewek lemah yang menyesali kepergiannya. Dan dia harus tau, perasaan ynag duku pernah ada di hati gue untuk dia , gak akan pernah terulang lagi sejak dia mutusin gue tanpa sebab dan alasan sampai kapanpun.

Aha! Gue punya ide.

Hmm… tapi gue agak ragu nich, apa gue bisa melakukannya, ya. Nanti apa kata temen-temen? Ngasih Ricky pelajaran tapi digosipin temen-temen atau lupain semua itu dan diam sambil melihatnya yang terus-terusan pamerin ceweknya di depan gue?__ kayaknya gue lebih milih yang pertama dech. Karena gue gak mau dianggap lemah sama cowok kayak dia. Tentang gosip, biar gue sandang sementara. Dan karena sekarang gue emang lagi sebel banget sama dia. Gue bakal bikin dia bener-bener terpuruk dan nyadarin kemampuan gue.

Hei Ricky, cowok yang super nyebelin sejagad raya, tunggu aja aksi gue.

*****
Pagi yang cerah mengiringi langkah awal rencanaku. Aku berharap semuanya akan berjalan dengan lancar. Aku pun berangkat ke sekolah dengan setumpuk rencana yang udah kususun dari tadi malam.

Aku pun menjajari langkahku di koidor sekolah dengan begitu optimis.


Setiap orang yang berpapasan denganku pasti akn mendapatkan senyum termanis yang kumiliki.

Aha… itu dia! Ricky berdiri tepat di depan kelasku. Tumben datangnya pagi, telat kan udah jadi langganannya. Aku berhenti sebentar untuk mengawasinya sejenak. Koq ngomong sendiri sich? di sampingnya kan gak ada satu orang pun. __ oh, lagi nelpon, ya.

Oke. It’s show time! Saatnya beraksi.

Aku bergegas merogoh buku pelajaran Bahasa Inggris dalam tasku. Lalu pura-pura membacanya sambil jalan.

“Buukk!”

“Aduh!” Aku ambruk ke lantai.

“Eh, kalo jalan tuch pake mata donk!” Makinya

Ih, beraninya dia marahin gue.

“Di mana-mana kalo jalan tuch pake kaki tauk! Bukannya bantuin gue, eh malah marah-marah.”

“Emang kenapa sich, jalan doank koq bisa sampe nabrak?” Lalu dia bicara lagi melalui ponselnya. “Sayang, sorry ya, ada sedikit gangguan nich.”

“Loe kan tau gue lagi baca, seharusnya loe yang mundur donk!”

“Lagian kenapa juga baca sambil jalan?”

“Suka-suka gue, mau baca sambil jalan, sambil jongkok, sambil ngapain kek, itu bukan urusan loe!” Aku pun berusaha berdiri.

“Aww!” Aku pura-pura merintih dan terduduk lagi.

“Kenapa, Din?” Suara Ricky terdengar agak cemas.

“Kenapa! Kenapa! Sakit tauk!”

“Sayang, udah dulu, ya,” Ricky memutus telponnya, lalu jongkok di sampingku. Ricky menggapai tanganku, mencoba membantuku untuk berdiri.

“Ngapain loe!?” Aku berontak

“Katanya sakit, gak bisa berdiri sendiri. Makanya gue mau bantuin nich. Emang loe mau, anak-anak lihat loe yang lagi terkapar di sini? Gak kan? Sini gue bantuin.’

‘Siapa bilang gak bisa berdiri! Gue bisa koq!” Aku mencoba berdiri lagi, tapi terduduk lagi sambil meringis kesakitan.
“Tuch kan masih sakit, gak bisa berdiri. Sini gue bantuin,” Ricky kembali berusaha memegang tanganku dan berusaha membantuku.

Ricky memapahku sampai ke kursiku dan membantuku duduk. Lalu Ricky berjongkok di depanku, memeriksa kakiku.

Ricky, loe serius mau bantuin gue? Kenapa? Seharusnya loe gak usah bantuin gue karena ini cuma salah satu trik gue buat ngejebak loe.

‘Mau ngapain loe?!”

‘Gue cuma mau meriksa di mananya yang sakit.”

Ricky, kenapa loe jadi perhatian gini sama gue?

‘Gak usah, gue bisa sendiri koq. Thanks!” Kupelankan suaraku.

“Bener? Gimana kalo kaki loe….”

“Iya.” Koq aku jadi salah tingkah gini, ya?

“Oke. Tapi kalo ada apa-apa, kasih tau gue, ya!” Pesan Ricky. Dia pun berdiri dan berlalu menuju kursinya.

Sepeninggal Ricky, aku mencibir ke arahnya. Dan hatiku langsung bersorak ria. Rasanya pengen banget lonjak-lonjak, tapi gue kan lagi pura-pura keseleo. Yes, umpan pertamaku udah dilahap oleh Ricky. Tapi, sikap Ricky barusan manis banget. Dulu dia gak pernah seperhatian ini sama gue.__ gak__ gue gak boleh luluh hanya karena perhatian palsu dari Ricky barusan.

Ricky, ini awal kehancuran loe.

Ketika jam istirahat, aku sengaja gak jaajn ke kantin atau ke perpus untuk baca buku. Aku hanya tetap duduk di kursi dengan pura-pura pasang tampang tersiksa karena kakiku yang masih sakit. Dan sengaja pula aku ngambil kertas kosong dan pulpen. Lalu pura-pura mencoret-coret gak jelas di kertas kosong dengan perasan marah bercampur pasrah.

Ini langkah kedua dari rencana gue. Kayaknya sekarang, sikap dan sifat Ricky udah bisa ditebak dengan mudah. Dan gue juga mesti tetep hati-hati. Gak boleh ceroboh. Gak boleh tampak lemah atau terlalu baik sama Ricky. Gue harus jadi lebih tegas. Biar rencana gue ini gak bisa kebaca sama orang lain.

“Din, gak jajan?” Tanya Ricky ketika sudah berdiri di sampingku.

“Udah tau, nanya,” ketusku

“Kaki loe masih sakit, ya?”

Aku menghela nafas panjang, lalu mendengus kesal.

‘Iya__iya, gue tau. Pasti masih sakit. Sorry, ya. Gara-gara gue loe jadi gini.”

Gue tetap diam dengan memasang tampang jutek. Pastinya dalam hatiku lagi tertawa girang karena sekali lagi Ricky makan umpan yang emang gue siapin untuk dia.

Tiba-tiba Ricky berjongkok di depan gue.

Dan gue malah ngebuang muka dari dia.

Gue sadar tatapan aneh dari beberapa teman yang masih di dalam kelas. Dan gue coba untuk gak terlalu memikirkannya. Karena gue harus bisa bikin Ricky jatuh.

“Din, kenapa sich sekarang loe jadi seperti ini? Jutek, judes. Padahal dulu kan loe baik banget.’

Aku tercengang. Ternyata Ricky masih mau mengingat dan membicarakan kenangannya tentang gue. Ah, tidak. Gue gak boleh percaya gitu aja sama Ricky. Kejadian dulu saat bersamanya gak boleh terulang untuk yang kedua kalinya.

‘Gue tau, pasti karena sekarang gue bukan pacar loe lagi kan? Tapi, setidaknya kita bisa jadi temen.”

“Suka-suka gue donk. Loe sendiri, ngapain di sini, sok perhatian sama gue lagi?!”

Ricky, sekarang gue baru tau, sepertinya di hati loe masih ada bayang-bayang tentang gue. Dan mungkin itu sebagai pertanda kalo loe masih sayang sama gue.tapi, sorry ya, gue gak niat tuch. Dan asal loe tau, gue gak bakal ketipu sama kata-kata loe lagi.

‘Din, dulu loe sayang gak sich sama gue?”

What? Gila juga nich cowok. Udah punya pacar, masih aja ngungkit-ngungkit masa lalunya, sama mantannya langsung lagi. Lihat aja, giman amarahnya ceweknya kalo tau, Rickynya kayak gini. Tapi, gak masalah bagi gue. Sikapnya ini malah mempermudah rencana gue. Oke, Ricky, gue ladenin omongan loe.

‘Kalo gak sayang, ngapain juga gue terima loe. Loe? Waktu itu sayang gak sama gue?”

“Pastinya. Gue sayang banget sama loe.”

‘Tapi, kenapa loe malah mutusin gue? Pake alasan mau fokus belajar lagi. Nyatanya loe malah pacaran lagi. Sama Karin pula. Ternyata bener juga gosip temen-temen saat itu.”

“Nah, ketahuan,” goda Ricky. “Loe cemburu kan? Ngaku aja deh.”

Ih, GR banget nich cowok. Seenaknya bilang gue cemburu sama dia. Gak mungkin lah. Gue Cuma masih penasaran aja sama cara pengakhiran hubungan kami saat itu.

“GR banget sich loe!”

“Bukan gitu. Tapi, kenapa sich loe gak pernah nunjukin rasa sayang loe itu?”

“Maksud loe?’

‘Loe kan tau gimana orang yang lagi pacaran. Misalnya aja, kayak gue sama Karin sekarang. Dulu__ kita gak pernah kayak gitu.”

Ih, nich cowok, koq sekarang jadi gini sich. jadi itu alasannya dia mutusin gue. Syukur banget donk. Untung aja kami udah putus. Kalo gak__ gue gak berani membayangkannya.

Rick, karena bagi gue rasa sayang itu begitu suci dan istimewa. Jadi dia harus diperlakukan dengan istimewa juga. Menyayangi dia yang kita cintai dengan manghargai dan perhatian terhadapnya.

“Karena bagi gue, rasa sayang itu terlalu suci untuk diperlakukan seperti itu. Caraku menyayangi seseorang adalah dengan menghargainya dan memelihara rasa sayang itu.”

Sejenak Ricky tercenung. Kuperhatikan air mukanya berubah. Entah apa yang ada di benaknya sekarang. Mungkinkah dia baru saja mendapatkan gambaran baru tentang gue? Lalu Ricky bangkit dan beranjak pergi.

*****
Semenjak hari itu, hubungan aku dan Ricky jadi lebih dekat daripada kemarin, yaitu selama setahun setelah kami putus.

Sudah dua minggu ini Ricky sering mencoba mendekatiku dengan lebih banyak bicara denganku. Dan kegiatannya yang sok pamer pacar di depanku itupun sudah banyak berkurang. Meski sekali waktu aku juga harus tetap melihat mereka berduaan. Dan sepertinya Ricky juga sudah tidak terlalu mesra dengan pacarnya. Jika kebetlan Ricky dan Karin pun ada di depanku, Ricky pasti langsung salah tingkah plus curi-curi pandang ke arahku. Sperti cowok yang ketangkap basah sedang selingkuh gitu deh.

Syukurlah. Aku merasa beruntung banget dengan perubahan Ricky yang cukup drastis ini. Tentunya hal ini semakin memudahkan jalan menuju puncak dari rencanaku ini. Dan sekarang, Cuma tinggal nunggu Ricky ngomong serius tentang perasaannya kepadaku. Saat itulah puncak dari usaha gue selama sebualn ini, sekaligus akhir dari kepura-puraan gue bersikap jutek dn kadang baik pada Ricky. Dan gue yakin, saat itu akan segera tiba. Gak lama lagi. Ricky, kasihan banget sich loe. Loe itu cuma cowok bodoh yang gak bisa menganalisa masa lalu, khususnya pengalaman loe sendiri. Mestinya loe tau, gak mungkin gue yang udah loe sakitin mau balik lagi sama loe dan harus siap disakiti yang untuk yang kedua kalinya.

“Din!” panggil Ricky yang sudah berdiri di samping tempat dudukku di saat aku lagi asyik privat sama teman sekelasku yang dapat juara 1 pada semester tadi.

Aku jawab panggilan Ricky dengan hanya menoleh padanya.

“Sini bentar dech!” Ricky menarik tanganku menjauh dari tempat dudukku semula.

“Apa-apaan sich loe!” Aku berontak, mencoba melepaskan tanganku dari genggamannya. “Lepasin gue!” teriakku.

Ricky menghentikan langkahnya. “Sstt….!” Dia menutup mulutku dengan telapak tangannya.

Dan dengan marah, aku langsung berontak melepaskan tangannya.

“Ada yang mau gue bicarain sama loe.”

“Ya, ngomong aja di sini. Jangan pake narik-narik gini donk!”

“Gak. Kita ngomongnya di taman belakang aja.”

Oh, itu toh. Inilah saat yang paling aku tunggu selama ini. ricky pasti mau nyatain perasaannya ke aku. Apalagi kalo bukan itu? Dengan gelagatnya yang seperti ini tentu saja itu.

Akhirnya akan berakhir juga penderitaan aku selama dua minggu ini, dapat pandangan aneh dari teman-teman plus menjawab pertanyaan beebrapa dari mereka tentang aku dan Ricky. “kami Cuma teman koq. Gak lebih.” Akhirnya pengorbananku selama dua minggu ini akan membuahkan hasil yang sangat manis. Semua ini akan segera berakhir dengan kemenangan yang tentunya sudah pasti ada di genggaman tanganku.

Ok, Ricky, kali ini untuk terakhir kalinya aku akan nurut sama kamu. Dan aku pun mengikuti langkah Ricky yang menuju ke taman belakang sekolah.

Satu lagi masalah terakhir yang masih menyesakkan pikiranku. Kalo yang satu ini gak ada, maka habislah semuanya. Sia-sialah seluruh usahaku selama ini. alias nihil!

Masalahnya adalah Karin harus mendengar langsung pembicaraanku dengan Ricky kali ini. tapi, gimana caranya. Gak mungkin aku sendiri yang langsung manggil Karin kan?

Aku mengikuti langkah Ricky dengan gelisah.

Aku mesti mikir nih. Cari cara agar Karin bisa langsung debgerin pernyataan cinta Ricky untukku.

Lalu tiba-tiba aku tersenyum puas. Karena kulihat kelas Karin (XII IPS 3) di depan kami. Dan kami akan melewatinya. Kebetulan ada teman Karin yang lagi duduk di bangku panjang kelas itu sambil ngobrol. Dan sebuah ide langsung tersirat di benakku.

Dengan sengaja ku perlambat langkahku.

Dan ketika Ricky menyadari langkahku yang melambat, dia langsung menghampiriku yang tertinggal cukup jauh darinya dan berbisik, “kamu kenapa?”

“Emang loe mau ngomong apaan sih, Rick? Pake ke taman belakang segala.”

Ricky gak menjawab pertaanyaanku. Dia hanya berucap, Ayo! Ricky pun menarik tangankua.

Sebentar aku menengok ke belakang. Kulihat salah seorang teman Karin langsung melompat ke dalam kelasnya. Dia pasti udah ldengar kata-kataku barusan dan lihat gimana sikap Ricky ke aku. Dan dia pasti akan langsung lapor ke Karin. Dengan begitu tentunya pesan tersembunyiku akan segera tersampaikan.

Setibanya di taman belakang, Ricky langsung duduk di sebuah bangku panjang yang terletak di bawah pohon jambu air yang rindang dan gak terlalu tinggi itu.

Aku hanya berdiri dengan tampang sok cuek plus agak polos.

” Duduk, Din!” Pinta Ricky dengan lembut.

“Gak. Gue berdiri aja.”

Sebenarnya aku masih agak cemas. Karena Karin belum kelihatan juga. Mataku berpendar berkeliling sambil berharap Karin cepat datang.

Gak lama kemudian, sosok Karin dan seorang temannya sudah terlihat. Keduanya tampak berjalan ke arah kami dengan cepat.

Kulihat Ricky. Dia tampak menunduk..

“Ok.” Aku pun duduk di samping Ricky. “Cepetan lo ngomong!”

Sebentar aku menoleh ke belakang. Karin dan temannya itu sudah gak kelihatan. Mereka pasti lagi sembunyi di suatu tempat yang memungkinkan mereka untuk mendengar obrolan kami.

“Din, aku…. Hmm… aku….. Ricky menghentikan kegagapannya.”

Sebenarnya aku pengen banget ngebentak Ricky biar cepat ngomongnya. Tapi sekarang bukan waktu yang tepat untuk marah-marah. Aku harus jaga imej juga donk. Lagi pula tampangnya cukup menghadirkan belas kasihan juga. So aku coba untuk diam aja, hanya menunggu dia bicara. Tapi, aku masih tetap pada pendirianku. Aku tetap akan menjatuhkannya. Aku harus tetap bikin dia juga merasakan apa yang dulu pernah kurasakan karena ulahnya.

Aku mencoba tersenyum padanya dan membalas tatapannya dengan teduh.

Ricky menatapku dengan lembut dan penuh arti. Seolah dia tidak akan melepaskanku. Sebuah tatapan yang penuh dengan ketenangan dan tampak tulus. Sebuah tatapan cinta yang penuh pengharapan akan berbalas. Kalo aku lupa dengan misiku, mungkin aku akan kembali lagi padanya karena tatapan itu.

Sebenarnya aku sudah sangat muak dengan semua ini, dengan kepura-puraan ini. kalo aku gak bisa mengendalikan diri, aku hampir saja mengakhiri rencana ini tanpa hasil yang kuharapkan. Dan saat membayangkan hasilnya, aku kembali semanagat untuk menuntaskan rencanaku ini.

“Din, sebenarnya aku…. Aku__ sayang baget sama kamu.

“Hah?” Aku pura-pura terkejut.

“Aku pengen kita baikan, pacaran lagi. Aku janji akan lebih perhatian dan peduli samaa kamu.”

“Kenapa kamu ngomong seperti ini? kamu kan masih punya Karin, Rick!”

“Karin? Sekarang aku baru sadar, kamu jauh lebih baik daripada Krin. Waktu kita pacaran dulu, kamu baik dan perhatian banget sama aku, tapi akunya aja yang cuek dan nyia-nyia’in semua itu. Tapi Karin__ selalu aku yang berusaha menjadi seperti apa yang diinginkannya. Dan aku merasa lebih nyaman saat bersama kamu. Sedangkan sama Karin__ aku selalu hati-hati karena aku takut Karin marah dan gak suka dengan sikapku. Hanya dengan kamu aku bisa menjadi diriku sendiri, Din.”

Yes! Akhirnya Ricky ngomong juga tentang ini. karin, loe denger kan? Loe itu gak ada apa-apanya dibandingin gue!

“Ricky!”

Tiba-tiba Karin keluar dari persembunyiannya dan melangkah menghampiri Ricky. Lalu< plakk!! Karin menampar pipi kanan Ricky.

Aha, inilah puncak dari rencanaku. Ricky, aku puas. Karena bukan Cuma kamu yang hari ini akan hancur, tapi Karin juga. Cewek yang udah ngerebut kamu dari aku. Dia juga akan merasakan apa yang dulu pernah aku rasakan, Ricky.

Aku tersenyum puas dalam hati.

“Kamu tega ngomong kayak gitu tentang aku! Bentak Karin dengan mata berkaca-kaca. Jadi selama ini kamu nganggap aku apa? Pelarian? Setahu, Cky… setahun kamu bohongin aku.”

“Karin, ma’afin aku!” Ucap Ricky pasrah.

“Ma’af? Ma”af untuk apa? Bilang sama cewek gak tau diri ini kalo loe bohong! Kalo loe Cuma sayang sama gue!”

Ricky hanya diam sambil menatapku dengan teduh.

Sedangkan aku___ tentu saja aku marah dengan umpatannya tadi. Tapi aku gak boleh terpancing. Aku pun hanya menundukkan kepalaku. Gak enak juga, ya, ada diantara pasangan yang lagi berantem. Gerah banget!

“Gak!” Butir-butir air mata Karin mulai menetes di pipinya. Aku sakit, Cky. Sakit banget! Lalu Karin menudingku. “Dasar cewek ganjen! Emang gak ada kerjaan selain godain cowok orang, heh?! Udah gak laku lagi loe!”

Plakk!!

Tak disangka Ricky menampar pipi Karin dengan geram. Kita putus!

Aku gak rela dengan makian Karin barusan. Lalu apa bedanya dia yang sudah jelas-jelas merebut Ricky dariku. Ingin rasanya aku sendiri yang menamparnya. Lalu apa bedanya dia yang sudah jelas-jelas merebut Ricky dariku. Tapi, unutngnya Ricky belain aku dengan menampar cewek itu.

“Jangan pernah ngomong sembarangan tentang Karin!”

Meskipun lagi senang banget, aku pura-pura sedih menerima makian Karin. Kupaksaakn mataku untuk menangis. Biar peranku sebagai cewek yang gan bersalah semakin kuat.

Karin memegangi pipinya yang baru saja ditampar Ricky dengan kaget.

Plakk! Sekali lagi Karin menampar Ricky sebelum dia berlari menjauh.

Sementara itu aku tersenyum puas dalam tangisku.

Karin, gimana? Sekarang kamu sudah tau dan merasakannya sendiri kan? Gimana sakitnuya saat tau cowok yang kamu sayangi sudah berpindah ke lain hati? Sakit banget kan? Itu juga yang aku rasakan saat kamu merebut Ricky dariku. Tapi, aku gak akan melakukan hal yang sama seperti yang pernah kamu lakukan terhadapku. Untungnya dulu, sakit yang aku rasakan gak berlangsung lama, Rin. Karena aku segera sadr kalo Ricy emang gak cocok untukku. Dan sekarang aku malah bersyukur karena sudah terlepas dari Ricky. Aku terinbgat masa pacaran kami dulu yang cuma bertahan satu bulan.

Karin, selamat menikmati rasa sakit hatimu, ya!

Oh ya, aku juga minta ma’af, ya. Kau Cuma pengen kamu juga meraskan apa yang dulu pernah kurasakan, Karin. Biar kita infas. Lagi pula, aku sudah nyelamatin kamu dari cowok yang bernama Ricky ini. berterimakasihlah padaku, Karin.

Dan loe, Ricky… kini giliran loe untuk merasakan sakit yang pernah aku rasakan.

Sepeninggal Karin, Ricky mencoba melanjutkan pernyataannya yang sempat tertunda karena kehadiran Karin. Ricky mencoba menggapai kedua tanganku. Tapi, segera kutari tangannku.

Ricky terkejut. “Kenapa, Dina? Sekarang kan aku udah gak sama Karin lagi.”

“Aku gak bisa, Rick. Aku gak mungkin bisa bersama dengan kamu apalagi setelah makian Karin barusan.”

“Tapi, Din…. Siapa yang peduli. aku janji, gak akan ada yang berani menyalahkan kamu. Dina, please, jadi pacarku lagi, ya?”

“Aku gak bisa, Rick. Karin cewek, aku juga cewek, aku bisa merasakan apa yang sekarang dirasakannya. Aku gak mungkin bisa berdiri di atas keterpurukannya sekarang, Ricky.”

“Kalo gitu, aku akan tetap nunggu kamu sampai Karin udah baikan agar kamu gak merasa bersalah, Dina.” Ucap Ricky dengan berbinar.

“Terserah kamu. Tapi, aku tetap merasa, gak bisa!”

Aku beranjak menjauh meninggalkan Ricky setelah sedetik sebelumnya kulihat raut wajah Ricky persis seperti raut wajahku dulu saat dia mutusin aku.

Ok, Ricky, gimana rasanaya? Sakit?

Aku melangkah sambil tersenyum puas. Fuih, aku berhasil!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar