Minggu, 22 April 2012

TIPS MERAWAT KULIT MURAH DAN ALAMI

1. Lidah Buaya
Coba resep alami dari lidah buaya atau aloe vera untuk menghilangkan bekas luka yang sudah lama dan flek-flek pada kulit. Caranya dengan mengoleskan getah lidah buaya pada kulit yang ingin disembuhkan pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur secara teratur. Getah lidah buaya mengandung zat-zat aktif yang membantu metabolisme dan merangsang regenerasi sel-sel kulit. Getah lidah buaya juga mengndung tannin yang berkhasiat sebagai pembersih. Itulah sebabnya lidah buaya sering digunakan sebagai bahan kosmetik untuk perawatan. Bekas luka akan hilang secara bertahap dan warna kulit akan kembali seperti semula.

2. Nanas
Nanas juga bermanfaat bagi kecantikan lho. Sebagai sari buah kandungan vitamin C dan A yang terdapat didalamnya efektif membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah dan membuat wajah jadi segar. Kandungan serotinnya bisa untuk pembangkit suasana hati. Campran nanas dan yoghurt yang diblender dapat digunakan sebagai scrub pada tangan dan kaki karena efektif meluruhkan sel-sel kulit mat, mebuat kulit lebih lembut. Getahnya dapat menghilangkan penyakit kulit (gatal-gatal, eksim, dan kudis.

3. Tomat
Tomat banyak mengandung vitamin C yang berguna untuk mejaga kesehatan dan vitalitas tubuh. Di dalam tomat terdapat lycopen yang berfungsi sebagai antioksidan. Tomat juga mengandung vitamin E yang dapa tmembaut kulit mulus. Karena itu, tomat dapat digunakan sebagai masker wajah. 100 gr tomat berukuran sedang mampu menyediakan separuh dari kebutuhan vitamin C dalam tubuh kita.
ambil ½ buah segar tomat yang masak dan masih segar. lumatkan dengan blender atau tumbuk. tambahkan sedikit madu. usapkan masker ini di keseluruhan wajah. diamkan selama 15 menit. lalu bersihkan dengan air hangat menggunakan waslap. basuh dengan air dingin (bileh dari kulkas). sambil santai istirahat, kulit pun menjadi halus dan mulus.

4. Jeruk Lemon
Jeruk lemon banyak mengandung vitamin C dan kalsium dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. biar dipagi hari kita merasa lebih segar, coba buat minuman air putih hangat yang telah diberi setengah buah perasan air jeruk lemon. minuman segar ini bisa berfungsi sebagai cleansing tubuh dan melancarkan buang air besar. tapi, untuk penderita maag, sebaiknya makan dulu sebelum mengkonsumsinya. kaena jika perut kosong, buah-buahan yang asam bisa membuat lambung bereaksi.

5. Jeruk Nipis + Putih Telur
Untuk yang memiliki wajah berminyak, masker ini dapat mengurangi kadar minyak di wajah dan mengecilkan pori-pori. Akibatnya jerawat-jerawat di wajah bisa berkurang.
Kocok putih telur secukupnya. Tambahkan air jeruk nipis. Lalu usapkan masker ini pada wajah. Biarkan selama 15 menit. Lalu, bersihkan dengan air hangat menggunakan waslap. Kompres wajah dengan es batu setelahnya. Masker ini dapat digunakan 2 kali seminggu.

6. Alpukat
Masker alpukat ini hanya cocok untuk kulit kering dan normal. Karena mengandung lemak, jadi kurang cocok untuk yang memiliki kulit berminyak.
Lumatkan ¼ bagian aloukat yang sudah masak. Beri sedikit madu. Oleskan adonan masker ini pada wajah. Diamkan selama 15 menit. Lalu basuh dengan air hangat. Dilanjutkan dengan air dingin. Gunakan dua kali seminggu.

7. Mentimun
Mentimun bisa digunakan untuk segala jenis kulit. Secara turun temurun masker mentimun dipercaya dapat menghaluskan kulit, meringkaskan pori, dan menyegarkan wajah.
Potong mentimun tipis-tipis. Lalu tempelkan pada wajah. Sebaiknya lakukan sambil berbaring supaya potongan mentimun di wajah tidak jatuh. Supaya lebih oke lagi, sebaiknya mentimun disimpan dulu di kulkas sebelum digunakan. Masker mentimun juga bisa digunakan sebagai penyegar wajah setelah menggunakan masker dari bahan lain.

8. Anggur
Anggur juga bermanfaat untuk merawat kecantikan. Kandungannya kaya akan Mineral, Kalsium, Magnesium, Potassium, Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, C dan senyawa flavonoid yang dapat merangsang jarigan kolagen untu menggantikan kulit yang tua dan rusak. Biji anggur berkhasiat untuk meredam penuaan dan meremajakan sel kulit.
Sediakan kurang lebih 500 gram anggur hijau. Buang kulit dan bijinya. Lalu lumatkan sampai halus dengan menggunakan blender atau food processor. Campurkan dengan tepung beras atau tepung terigu. Aduk hingga tercampur rata. Kemudian oleskan pada wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air bersih atau air mawar.
Ramuan ini juga dapat dioleskan ke seluruh tubuh sebagai lulur. Lakukan secara rutin agar kulit terlihat lebih cerah dan halus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar